BIOKIMIA II DALAM KONSEP INTERAKTIF

BIOKIMIA II DALAM KONSEP INTERAKTIF

posted by Sri Mulyani

Media Biokimia II dalam Konsep Interaktif ini berisi materi Biokimia II yang disajikan secara interaktif. Saat CD di run maka yang akan muncul pertama kali adalah gambar 1.

 

Gambar 1. Tampilan awal saat running Program. 

Program ini disusun dengan menggunakan Macromedia Plash MX. Struktur tampilan depan produk ini meliputi: (1) Indeks Bab, (2) Review Konsep, (3) Pathways, (4) Topik Khusus, (5) Animasi Interaktif, dan (6) Kuis dan pembahasannya .

Tampilan depan program interaktif tersebut dapat dilihat dalam gambar 2. 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2: tampilan depan Program Biokimia II dalam Konsep Interaktif.
Topik-topik dalam Index Bab meliputi: (1) Pengantar metabolisme, (2) metabolisme energi,  (3)metabolisme karbohidrat, (4) metabolisme lipid, (5)metabolisme protein, (6) metabolisme asam nukleat, (7) metabolisme porfirin, DNA, RNA dan transmisi molekuler    genetik, dan (8) dasar-dasar bioteknologi. Gambar 2. Tampilan depan program Biokimia II dalam konsep interaktif. 

Disamping Topik-topik di atas program ini juga menampilkan pathways yang menggambarkan seluruh peta jalur biokimia yang diterbitkan oleh Roche molecular Biochemical dengan editor Gerhard Michal. Tiap kotak pada peta tersebut jika diklik akan menampilkan perbesaran (sebesar layar monitor) dari jalur reaksi yang termuat dalam kotak yang diklik. Jadi program ini memfasilitasi keterkaitan seluruh jalur reaksi dalam metabolisme pusat.

Animasi-animasi yang sangat menarik juga dapat ditemukan dalam program ini, seperti animasi interaktif tentang proses-proses  metabolisme yang berkaitan dengan metabolisme karbohidrat dan energi, seperti: ciklus Cori, transport elektron, glukonegenesis, metabolisme asam lemak, glikolisis, transport membran, metabolisme umum, lokasi proses metabolisme, fosforilasi oksidatif, pyruvate dehyrogenase, fotosintesis, sintesis protein, respirasi, signal tranduksi dan siklus TCA.
 
 
 
 
 

 

Comments are closed.